<!-- Start of Zendesk Widget script -->
<script id="ze-snippet" src="https://static.zdassets.com/ekr/snippet.js?key=0e08410c-3de9-4186-8072-b8862cb6a717"> </script>
<!-- End of Zendesk Widget script -->

ADAM A5X REVIEW SINGKAT

4
Sep

ADAM A5X REVIEW SINGKAT

4 September 2018

ADAM A5X Review Singkat

Uji coba oleh Tim Audiostation
di  : Showroom audiostation (ruangan cukup baik dan dilengkapi dengan diffuser)
24 Oktober 2014

ADAM A5X merupakan Speaker tipe semi pro/pro dari ADAM Audio dengan ukuran 5 inch yang asli buatan Jerman.
Dengan dilengkapi teknologi paten ala ADAM yakni X-art tweeter (baca : http://www.adam-audio.com/en/technology/x-art, 1 buah 5.5″ bass/midrange woofer yang bekerja di bawah 2.5 kHz dan dikendalikan oleh 1,5″ voice coil dan 50 watt PWM amplifier.

Penampilan : As you guys can see… Black like a thick chocolatte, Presision, Gorgeous, Elegant, Cute dan keren. A5X ini terlihat sangat fit untuk berada di studio.

Dilengkapi dengan tombol on/off per buah nya. Dan kecepatan on dan off nya itu tidak ada delay. berbeda dengan seri F yang harus menunggu beberapa hingga speaker siap dinyalakan. Tentunya dilengkapi juga dengan knob level.

Tampilan belakang

Memiliki 2 tipe input.. yang satu stereo link. untuk stereo channel kedua berguna untuk mengontrol level dari kedua monitor dengan menggunakan volume control hanya dari 1 loud speaker.
Yang satu lagi adalah input untuk monitor standar yang terbagi lagi menjadi 2 yakni unbalanced (jak 3/4 mm {TS cable} dan balanced (XLR cable)

Sound :

A5X ini menghasilkan suara yang detail dan stabil di setiap frequensinya. Terbukti ADAM speaker mampu menghasilkan suara hinga 50 kHz. Yang berarti ADAM speaker mampu memproduksi frequensi yang dibawah 50 kHz tersebut dengan detail.

Twitter : Ribbon twitter dengan teknologi X-Art memang benar-benar terbukti, mampu memproduse high frekuensi dengan detail namun lembut. Instrumen-instrumen seperti hi-hat,cymbat terasa begitu jelas dan pas untuk pendengaran manusia. Dan yang paling penting adalah tidak menimbulkan ear fatigue (sakit kuping)

Woofer yang menghasilkan sound dengan freq mid dan low pun dapat bekerja dengan sangat baik. Meskipun A5X ini merupakan 2 way speaker. Woofer dapat melakukan kerja yang sangat baik.
Woofer ini juga menghasilkan sound kick drum/bass dengan sangat baik dan attack menggelegar. Yang artinya adalah seperti memiliki sub. Sangat cukup untuk dipasang di studio semipro/pro studio.
Kerja A5X di mid freq seperti yang dihasilkan instrumen gitar, piano, maupun vokal juga terasa tidak lebay dan apa adanya. Artinya begitu flat dan very2 great untuk mixing.

Stereo imaging juga cukup baik dan sangat stabil. A5X Juga mampu menjaga kestabilan suara dan menghasilkan harmoni yang kompleks.

A5X jg dicoba oleh tim audiostation untuk memutar lagu :

Dave Koz – You Make Me Smile
Glenn Fredly – Rame-rame/ Timur

Terlepas dari hasil mixingan yang memang sudah baik, A5X dapat memproduce sound dengan detail dan konsisten. Pewarnaan yang diberikan flat. Stereo imaging benar-benar jelas dan lebar. Cerita lucu ketika seorang crew memutar lagu Glenn – Rame-rame. Ketika sedang mendengarkan (posisi mendengar ideal {jarak antara monitor L dan R = jarak antara kuping ke monitor}) , crew tiba2 kaget seperti ada yang memanggil dari arah jam 3, dan ternyata itu adalah backing vox dari lagu Rame-rame. Artinya A5X mampu menghasilkan suara dengan sangat wide dan kompleks.

Belum fair karena belum ada genre Metal dan EDM, A5X dites juga di lagu :

Metallica – Enter Sandman
Steve Aoki feat Machine Gun Kelly – Free the Madness

Lagi-lagi kick drum terasa benar-benar menggelegar pada lagu Enter Sandman, dentuman kick drum juga bukan sekedar dentuman. Terasa akan distorsi kecil yang memang sengaja dicipta untuk lagu tersebut.
Di lagu  Free the Madness juga ada konsistensi dari suara ADAM A5X, sounds so wide and clear. Ingat ADAM F series itu didesign selain untuk home studio tapi untuk DJ. Apalagi si AX series (dalam hal ini A5X) dong yang merupakan kakaknya F series. Tentu saja lagu Electronic/EDM sangat cocok juga diproduce oleh A5X

 

Kesimpulan :

– A5X speaker yang punya integritas. Diputer di mana aja (ruangan at least home studio), kapan aja, lagu genre apapun. Tetep sounds great
– Ribbon twitter yang produce high freq sound secara clear dan detail namun tidak menimbulkan ear fatigue.
– Woofer yang produce low freq dengan very brave seperti memiliki sub
– Cuman 5 inch tapi can produce suara seperti speaker2 merk lain yang lebih besar ukurannya. Kaya beast aja ini    A5X
– Konon apabila tidak punya ruangan dengan akustik treatment yang baik, ADAM A5X ini bisa jadi jawaban buat kalian. karena ukurannya yang 5 inch, sound yang dihasilkan juga tidak mendengung.
– Cocok buat semi pro/pro engineer, broadcast, DJ, dll.

 

Price : list price 15 jt.

 

 

 

Check : audiostation.net and adam-audio.com for more info