<!-- Start of Zendesk Widget script -->
<script id="ze-snippet" src="https://static.zdassets.com/ekr/snippet.js?key=0e08410c-3de9-4186-8072-b8862cb6a717"> </script>
<!-- End of Zendesk Widget script -->

APA KELEBIHAN APOGEE GROOVE ?

4
Sep

APA KELEBIHAN APOGEE GROOVE ?

4 September 2018

Dua hari lalu kami kedatangan produk terbaru dari Apogee yaitu GROOVE. Apogee GROOVE adalah DAC (Digital Analog Converter) bagi pengguna Mac or PC. Apogee sendiri adalah salah satu pioneer pabrik pembuat converter yang telah berdiri sejak 30 tahun lalu dan produknya banyak digunakan di studio professional dunia yang memenangkan banyak Grammy Award, dengan Groove ini mereka ingin membawa kualitas studio professional tersebut kepada market consumer untuk menikmati music di headphones khususnya.

Left
Center
Right
Remove

click to add a caption

Apogee GROOVE hadir dalam box yang cukup elegan berukuran dus mobile phone pada umumnya. Saat kami membuka dus tersebut, langsung terlihat bentuk Apogee GROOVE dengan design yang stylish dan material yang solid walaupun cukup ringan. Apogee GROOVE ini pun dilengkapi dengan kabel USB dengan panjang sekitar 10cm dan tas pouch kecil berwarna hitam.
TESTING
Setelah puas melihat bentuk fisik dari GROOVE tersebut, kami ga sabar untuk langsung mencoba kualitas Apogee GROOVE ini. Kami cukup penasaran dengan kelebihan GROOVE yang konon tidak dimiliki DAC lain yaitu “Constant Current Drive” (CCD). CCD ini adalah teknologi Apogee yang dapat mengatur voltase output mengikuti impedance headphones yang berbeda-beda tergantung frequency yang dihasilkannya. Hasilnya adalah Frequency response yang sangat flat dan noise (THD) yang sangat minim. Gak aneh saat kita dengar suara Apogee GROOVE ini paling bersih & clear!! dibandingkan merk lain yang setara harganya ataupun diatasnya.

Left
Center
Right
Remove

click to add a caption

Kami membandingkan Apogee GROOVE dengan Ifi Nano dan Chord Mojo yang menjadi favorite saat ini.
iFi Nano & Chord Mojo memiliki keunggulan yaitu dapat menerima format digital yang bermacam-macam seperti DSD, DSX, PCM dan memiliki input/output coaxial yang dapat dihubungkan ke perangkat player lain. Sedangkan Apogee GROOVE karena ditujukan utama untuk penggunaan PC or Mac, maka tidak memiliki input lain selain USB.
Untuk kualitas suara, diantaranya ketiganya jelas Apogee GROOVE unggul dari segi Clarity & Cleanliness dengan karakter suara yang bright / open namun tidak kasar. Kami dapat mendengar setiap frequency dan transient dari setiap instrument dengan jelas. Frequency response pun terdengar sangat flat dari low – high, karena GROOVE ini ditujukan untuk professional yang mencari akurasi / kejujuran dari materi yang didengar.
Sedangkan untuk Ifi NANO suara lebih terdengar lebih dark / “berselaput” (less clarity) dibandingkan GROOVE. Freq response pun terdengar lebih menonjol di low mid, dimana suara instrument bass line terdengar lebih maju dibandingkan GROOVE ataupun MOJO Chord. Kelebihan Ifi NANO adalah memiliki battery-powered sehingga tidak memerlukan power yang besar dari player/mobile phone, sedangkan GROOVE membutuhkan power yang besar sehingga tidak semua mobile phone cukup kuat untuk menjalankannya. Kami mencoba pada SONY & SAMSUNG yang terbukti kuat menjalankan GROOVE ini.
Terakhir kami mencoba Chord MOJO yang menjadi favorite saat ini di market, dan terdengar jelas bahwa Chord MOJO memiliki definisi low yang padat & jelas. Seluruh instrument menjadi solid & dimensi menjadi nyata. Chord MOJO terdengar lebih warm dibandingkan Apogee GROOVE yang bright. Freq response Chord MOJO tidak se-flat & se-clear Apogee GROOVE namun cukup “exciting” untuk listening experience.
Setelah puas menjajal ketiga produk tersebut, kami sepakat bahwa Apogee GROOVE adalah DAC yang paling clear dengan noise terkecil dan Chord MOJO memiliki low & dimensi yang solid. Namun dengan perbedaan harga yang jauh lebih murah dari Chord MOJO, Apogee GROOVE cukup dapat dijadikan pilihan yang sangat worth it. Akhirnya, kuping kita lah yang berperan menentukan DAC mana yang paling sesuai dengan taste kita masing-masing.
Berikut adalah perbandingan harga :
Apogee GROOVE (Rp 4.000.000) , Ifi NANO (Rp. 3.400.000), Chord MOJO (Rp 10.000.000).
Semoga review singkat ini dapat berguna dan terima kasih kepada JABEN Indonesia yang telah meluangkan waktu untuk melakukan demo bersama kami.
– sam kevin
APOGEE is sole distributed by PT. Sinergi Anugrah Mandiri (www.audiostation.net)