APOGEE MIC 96K REVIEW

by Audiostation on 04 September 2018

Apogee MiC 96K Review

Tentu saja SUB microphone sangat nyaman digunakan, setupnya yang hanya membutuhkan kable USB dan disambungkan ke computer, iPhone atau iPad. Tetapi microphone ini tampak seperti mainan yang tidak membutuhkan budget besar, preamp sungguhan dan converter. Apakah USB microphone layak digunakan?

Apogee MiC 96K pertama kali dikenalakan pada tahun 2014 di NAMM Show. Apogee memutuskan untuk mengembangkan MiC ke level yang baru. Dalam MiC 96K ini, Apogee meningkatkan kemampuannya untuk merekam audio 24bit / 96 kHz.

Saat Digunakan

Gain thumbwheelnya mudah digunakan tetapi pengguna harus terbiasa terlebih dahulu untuk menggunakannya saat setup. Saat di setting dengan gain tinggi, microphone ini sangat mudah mencapai clip. Saat anda setting gain dengan porsi yang tepat, suara akan terdengar jernih sebagai device yang mendukung 24-bit, anda tidak perlu khawatir dengan headroom and tidak perlu mengorbankan resolusi saat recording.

Polar pattern yang di publikasikan oleh Apogee pada microphone ini adalah wide cardioid yang baik tetapi rejection 180º dan sedikit berbeda saat on axis dan off axis 90º. Saat dicoba dengan suara manusia dan instrument, microphone ini memiliki “sweet spot” yang luas. Dengan begitu microphone ini sangat cocok untuk aplikasi penyanyi solo / gitaris, atau voice over talent dalam ruangan yang relative sunyi. Pengguna tidak perlu khawatir untuk off-axis dan dapat bergerak dengan leluasa tanpa merubah tone.

Berbicara tone, MiC 96K sangat sempurna. Dalam recording untuk vocal pria, alat music tiup dan gitar akustik, microphone ini menangkap suara dengan jernih dan tanpa high yang kotor, high-mid clarity dan low yang terkontrol.

Masalah pada microphone ini adalah tidak memiliki D/A conversion atau built-in headphone jack. Pengguna dipaksa untuk memonitor 16-bit/44.1 kHz via iOS headphone jack.

Secara keseluruhan, MiC 96K melakukan kerja yang bagus dalam ruang yang sempit, recording dengan high-resolution kedalam Mac, iPod, iPhone atau iPad. Menurut saya ini lebih baik dari biasanya untuk me-record ide lagu, demo, interview, podcast dan lainnya. Banyak USB microphone yang lebih murah di luar sana, tetapi dengan memiliki Apogee MiC akan memiliki kualitas yang sangat baik.

Source: https://www.recordingmag.com/productreviews/2014/05/88.html