<!-- Start of Zendesk Widget script -->
<script id="ze-snippet" src="https://static.zdassets.com/ekr/snippet.js?key=0e08410c-3de9-4186-8072-b8862cb6a717"> </script>
<!-- End of Zendesk Widget script -->

MENGENAL BEBERAPA MACAM TUNING GITAR BY JO ADRIAN

4
Sep

MENGENAL BEBERAPA MACAM TUNING GITAR BY JO ADRIAN

4 September 2018

Apa itu sebenarnya guitar tuning? Wikipedia mengartikan arti kata guitar tuning sebagai berikut“Guitar tunings assign pitches to the open strings of guitars. Tunings can be described by the particular pitches that are denoted by notes in Western music. By convention, the notes are ordered from lowest to highest,”

Guitar tuning bisa juga diartikan sederhana yaitu bagaimana mengatur string-pitch nada atau bunyi masing2 senar gitar menurut selera atau keinginan si gitaris itu sendiri dan karena hal ini makanya banyak sekali jenis guitar tuning yang beraneka ragam di kancah pergitaran.

Walaupun demikian guitar tuning juga punya standard tuning pakem yang biasa dipakai sebagai acuan yaitu E,A,D,G,B,E start dari senar low (6) ke senar high (1) atau biasa disebut “standard E tuning” dan hampir sebagian besar gitaris menggunakan tuning ini dalam bermain gitar.

Tuning gitar di luar standard pakem biasanya dikenal dengan nama “alternative tuning”,ada banyak sekali jenis alternative tuning didunia ini dan saya akan coba bahas 2 jenis alternative tuning yang cukup familiar dikalangan gitaris.

1.Open Tuning, penjelasan menurut Wikipedia “An open tuning allows a chord to be played by strumming the strings when “open”, or while fretting no strings,The base chord consists of at least three notes and may include all the strings or a subset,” penjelasan sederhananya adalah tuning yg bisa menghasilkan chord tanpa harus melakukan finger fretting. Contoh tuning ini adalah open E string tuning atau open G tuning.yang menggunakan tuning ini biasanya musisi2 blues yang suka bermain slide gitar atau folk.john mayer suka sekali menggunakan tuning jenis ini.

2.Drop D Tuning,menurunkan tuning nada 1  step di senar E (low) atau senar 6 dengan tujuan untuk mendapatkan nada yang lebih low,senar yang lainnya dibiarkan tuning standard.biasanya dipakai oleh gitaris2 metal dan blues yg menggunakan senar dengan gauge yg besar misal 0.13.

3.Drop C tuning, one full step down dari drop d tuning,drop D tuning yang notenya di turunin lagi di semua senarnya satu step untuk mengejar karakter sound yang lebih low,berat dan dark.sangat disukai oleh gitaris2 band metal atau hardcore seperti hatebreed,children of bodom.sangat membutuhkan jenis senar yang besar gaugenya untuk melakukan tuning ini.

Masih banyak contoh alternative tuning lain,tapi yang diatas barusan kita bahas adalah yang common atau sering kita temui di music2 modern sekarang ini,bermain gitar dengan tuning yang berbeda2 memang sangat mengasyikan karena dengan tuning yang berbeda kita dtuntut bisa lebih musical dan eksplorasi dalam bermain not,saya sebagai gitaris sangat menyukai permainan gitar dengan tuning yang “aneh”karena buat saya pribadi hal tersebut memacu dan membantu saya untuk berksplorasi dengan satu chord dengan voicing yang berbeda2,hal tersebut hanya bisa “terkejar” dengan alternative tuning.