<!-- Start of Zendesk Widget script -->
<script id="ze-snippet" src="https://static.zdassets.com/ekr/snippet.js?key=0e08410c-3de9-4186-8072-b8862cb6a717"> </script>
<!-- End of Zendesk Widget script -->

VOCAL TIPS BY INDRA AZIZ

4
Sep

VOCAL TIPS BY INDRA AZIZ

4 September 2018


 

Indra Azis adalah seorang Musisi, Aktor, juga Pelatih vokal Indonesia. Ia adalah pelatih vokal untuk artis ternama Indonesia seperti Afgan, Raisa, Agnez Mo, dan banyak lagi. Ia juga menjadi pelatih vokal resmi dari berbagai program kompetisi bakat seperti Indonesian Idol, X-Factor Indonesia, Rising Star Indonesia, Indonesia Mencari Bakat, Nez Academy, The Voice Indonesia, serta Idola Cilik.

Kali ini Indra Azis akan memberikan tips dan trick seputar rekaman vocal untuk kalian yang ingin terjun kedunia musik sebagai penyanyi nih:

Apa aja persiapan sebelum take vocal?

1. Perispakan diri dengan mempelajari materi, pelajari dulu materinya jangan sampai dateng ke studio langsung ngeraba-ngeraba atau improve yang pada kahirnya akan membuat lama saat proses rekaman itu sendiri.

Mengatasi Grogi saat take vocal?

1. Persiapan yang matang, dengan menguasai materi dan pelajari beberapa teknik vocal.

2. Atur nafas, atur nafas agar kondisi tubuh secara mental dan batin tidak dalam kondisi tertekan jadi ketika rekaman akan lepas dan mengalir begitu saja.

3. Atur mood sangatlah penting, kita bisa mengatur modd dengan hal kecil seperti

a. makan makanan favorit sebelum take vocal atau

b. kondisikan suasana ruangan seperti lightning dans ebagainya.

 

Seberapa penting monitoring?

Menurut Azis hampir semua penyanyi monitoring itu segala-galanya, yang menentukan suara bagus itu dari awalnya telinga sendiri lalu kemudian ke telinga orang lain. Untuk itu tips untuk recording saat monitoring adalah memakai Headphone hanya sebelah (tidak kedua telinga tertutupi headphone), untuk live perfomance pun juga sama biasanya tiap penyanyi menggunakan earplug/kapas kecil untuk di satu telinga, yang memungkinkan kita untuk mendengar suara kita sendiri, karena saat sudah di panggung suara biasanya akan bentrok anatara suara teriakan penonton, dan suara instrumen lainnya yang ada di panggung .

Seberapa besar pengaruh teknologi digital?

Saat ini sedang populer software/plugin di dunia digital untuk para penyanyi yaitu “autotune” jika kita mendengar di radio atau menonton musikal tv itu hasil suara dari autotune sangat nyaman di dengarkan di telinga, namun yang menjadi bagian penting tetap saat proses takenya saat recording dan tidak membebankan ketidakmampuan kita kepada orang lain (editor autotune), karena pada kahirnya saat live, mungkin saat live masih bisa dibantu dengan hardware tapi ketika format live atau kita live di radio maka suara asli kita yang akan keluar tanpa bantuan hardware atau software.

 

Langsung aja kita liat detailnya di video ini: