Search

Headphone Open Back vs Closed Back

Jika kamu ingin membeli sepasang headphone studio, ini bisa jadi keputusan yang sulit. Jadi dalam blog ini, saya akan mencoba membantu memberikan refrensi atau informasi tentang dua jenis headphone monitor ini.




Apa itu Headphone Open Back?

Headphone open back artinya bagian belakang headphone tidak tertutup, biasanya headphone ini memiliki lubang di logam atau plastik yang memungkinkan suara untuk melewati bagian belakang cup telinga.


Apakah efek yang didapatkan dari bagian belakang headphone yang terbuka? Pada umumnya hal ini memberikan pemisahan stereo yang lebih baik dan cenderung terdengar lebih alami. Yang saya maksud dengan itu adalah bahwa mereka terdengar lebih luas dan akan terasa sedikit lebih seperti Anda mendengarkan musik melalui speaker daripada headphone. Karena Anda tidak begitu terisolasi dalam cup headphone. Ada yang mengatakan bahwa suaranya sedikit lebih lapang.


Headphone open back lebih ditargetkan pada pasar audio profesional. Selain itu, harganya biasanya lebih mahal karena kebanyakan headphone kelas atas. Bahkan, hampir semua headphone mahal berjenis open back.


Kelebihan Headphone Open Back:

  • Pilihan bagus untuk Engineer audio yang mixing dan mengedit rekaman menggunakan headphone dan menginginkan suara yang paling akurat dan alami.

  • Cenderung memiliki respons bass yang lebih akurat, frekuensi rendah terdengar lebih alami.

  • Soundstage terdengar lebih terbuka.

Kelemahan Headphone Open Back:

  • Tidak ada isolasi suara sehingga tidak sesuai untuk monitoring saat merekam atau podcasting atau untuk mendengarkan musik di lingkungan yang bising.

  • Umumnya lebih mahal.



Apa itu Headphone Closed Back?

Headphone Closed Back artinya bagian belakang headphone tertutup. Keuntungan dari desain tertutup adalah isolasi suara, kebisingan di luar tidak masuk dan suara di dalam headphone tidak keluar.


Isolasi suara yang terdapat pada jenis headphone ini menjadikannya pilihan yang baik untuk musisi atau podcast ketika merekam karena suara tidak keluar dari headphone dan ditangkap oleh mikrofon. Gaya headphone tertutup adalah headphone yang paling populer dan paling komersial.


Kelebihan Headphone Closed Back :

  • Reproduksi audio yang sangat detail dan rinci.

  • Bagus untuk merekam karena hampir tidak ada suara yang masuk ke mikrofon Anda.

  • Isolasi headphone yang baik untuk bebas dari kebisingan atau gangguan dari luar.

Kekurangan Headphone Closed Back :

  • Headphone belakang tertutup cenderung membuat telinga lebih cepat lelah dibandingkan headphone open back.

  • Headphone belakang tertutup dapat terdengar sedikit kurang lebar dari headphone open back.

Apa yang harus dipertimbangkan ketika membeli headphone?


Setelah saya menjelaskan tentang perbedaan dua jenis headphone diatas. Pertanyaannya, mana yang harus dipilih?


Itu semua tergantung pada untuk apa kamu menggunakan headphone. Jika kamu baru saja memulai home studio, maka saya akan merekomendasikan membeli sepasang headphone closed back. kamu akan memerlukan headphone closed back terlebih dahulu karena kamu akan menggunakannya untuk merekam musik kamu.


Jika kamu akan merekam vokal atau instrumen akustik seperti gitar misalnya, maka kamu akan memerlukan monitoring yang detail saat rekaman. Dengan menggunakan headphone yang tertutup, kamu tidak akan mengalami kebocoran suara dari headphone ke mikrofon.


Namun, jika kamu menggunakan headphone untuk mixing di lingkungan yang sunyi, seperti di studio misalnya. Maka headphone open back akan sangat bagus untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Selain itu, pemisahan stereo yang lebih baik yang Anda dapatkan dari headphone open back dapat bermanfaat untuk mixing.


Headphone terbaik untuk MIXING

Jadi, menurut saya, headphone terbaik untuk mixing adalah headphone open back tetapi itu hanya jika kamu mengunakannya di ruangan yang sunyi dan kamu tidak keberatan orang lain mendengar apa yang kamu dengarkan. Karena desain headphone open back, suara dapat masuk dan keluar dari cup telinga headphone.


Jika kamu mixing dalam ruangan yang bising atau kamu tidak ingin orang lain mendengar apa yang kamu dengarkan. Maka headphone yang tertutup mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.


Headphone terbaik untuk REKAMAN

Headphone terbaik untuk rekaman adalah headphone yang benar-benar tertutup. Mereka akan memberikan isolasi untuk menghindari suara bocor dari headphone mikrofon.


Naaah.. sekian semoga dapat bermanfaat dan dapat menjawab pertanyaan kamu ya..



Regards,


Difky Mashady

0 views

Contact Us

Ruko Greatwall C29, Greenlake City, Jakarta - INDONESIA

Phone / WA : 0896 6951 3783

admin@audiostation.co.id

We Accept

  • White Twitter Icon
  • White Facebook Icon

Part of SAM Group

© copyright Audio Station 2020