Search

jenis polar patern, lewitt, icon mic ini jenis polar paternnya apa?

haii sobat audio.

kali ini mimin mau sedikit berbagi info seputar Microphone,

yaitu :



Macam – Macam Polar Pattern pada Microphone

           Polar pattern adalah pola penangkapan suara dari microphone. Macam – macam polar pattern menjadi salah satu hal yang perlu diketahui ketika hendak menggunakan microphone tersebut. Kepekaan suara yang direspon oleh microphone berbeda-beda dari tiap arah sumber suaranya. Berbagai percobaan dan pengukuran akhirnya menghasilkan apa yang disebut sebagai directivity. Hal inilah yang membuat adanya pola pattern. Arah depan pada pola pattern merupakan arah 0 derajat atau disebut on axis. Semakin ke samping, semakin tidak sensitif dan arah sensitifitas paling buruk adalah arah belakang (rear) biasanya disebut null anglePola pattern itu sendiri tebagi menjadi:


Uni Cardional,

Figure of Eight atau yang dikenal sebagai Bidirectional, dan 

OmniCardioid.

A). Uni Cardional Uni Cardional terbagi menjadi 3 pola yaitu 

Cardioid,

Supercardioid dan

Hypercardioid

Uni Cardional memiliki penangkapan yang sensitif dari arah depan saja. Sedangkan pada arah belakang dan samping mengalami pelemahan respon. Pola ini memiliki fokus yang sangat baik. Biasanya microphone dengan pola ini, digunakan ketika sumber suara jauh atau membutuhkan banyak suara ambient.

1. Cardioid

Cardioid merupakan jenis polar pattern yang peka dalam menangkap

sumber suara dari depan. Cardioid memiliki arah penangkapan yang getarannya mencakup hingga kesudut 131 derajat, dengan sudut penolakan maksimum 180 derajat dan kepekaan terhadap ambient hingga 33%.[1] Dari uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa penangkapan ambient yang masuk lebih sedikit dibandingkan dengan pola omnidirectional.



2.Supercardioid


Supercardiod mencakup hingga kesudut 115 derajat. Sudut penolakan maksimum Supercardioid adalah 126 derajat dan kepekaan terhadap ambient suara mencapai 27%. Penolakan suara dari belakang hingga mencakup 12db.[2] Oleh karena itu supercardioid dikatakan sebagai halfcardional.








 3.Hypercardioid

            

Hypercardiod  atau yang dikenal dengan sebutan shotgun microphone memiliki penolakan maksimum hingga 90 derajat. Kepekaan suara terhadap ambient 25%  dengan penolakan suara dari belakang hingga 6db.







B).Omni Cardional


Omni Directional umumnya sama

dengan microphone jenis lainnya. Omni Directional memiliki kelebihan untuk menangkap suara pada sudut 360 derajat, atau mencakup keseluruhan arah. 



Pola ini digambarkan dalam bentuk lingkaran yang mengindikasikan bahwa microphone tersebut equally sensitive terhadap suara yang datang dari segala arah. Ambient suara yang ditangkap 100% dan penolakan belakang 0 db.[3]





C) .Bidirectional / Figure of Eight

Bidirectional atau yang disebut Figure of Eight. Alasan mengapa disebut sebagai Figure of Eight karena dalam grafik digambarkan dengan bentuk angka delapan. Pola ini seperti dua buah microphone cardioid yang saling membelakangi satu sama lain. Biasanya microphone dengan pola ini dipakai untuk mengambil pantulan suara dari dinding guna menciptakan rasa yang berbeda terhadap suara yang dihasilkan. Coverange angle dan null angle pada pola ini mencakup hingga kesudut 90 derajat. Ambient suara yang ditangkap hingga 33% dengan rear rejection 0 db.[4]



dari penjelasan diatas, banyak jenis dan fungsi dari pola penangkapan mic sesuai dengan kegunaan dan peruntukanya.

untuk itu, ada banyak brand microphone yang mengeluarkan type product bermacam macam.

contoh nya LEWITT AUDIO / ICON memiliki banyak jenis microphone

silakain di liat yang sesuai kebutuhan



LEWITT LCT240 Pro

polar patern : CARDIOID

dynamic range : 123dB

jenis : Condenser


cocoknya untuk rekam Vocal dan instrument










Lewitt DTP 340 TT

polar patern :SUPER CARDIOID

jenis : dynamic


cocok untuk instrument / tom tom drum












LCT 441 FLEX

8 polar patern

Omni, wide cardioid, cardioid, supercardioid, figure-8, reverse cardioid, reverse wide cardioid, reverse supercardioid











ICON M1

Large Diapragma condenser microphone

polar patern : cardioid














salam audio

ig: @yogapratama83

0 views

Contact Us

Ruko Greatwall C29, Greenlake City, Jakarta - INDONESIA

Phone / WA : 0896 6951 3783

admin@audiostation.co.id

We Accept

  • White Twitter Icon
  • White Facebook Icon

Part of SAM Group

© copyright Audio Station 2020