Search

KONEKSI AUDIO INTERFACE PAKAI USB ATAU THUNDERBOLT? MANA YANG LEBIH BAIK?


Saat ingin memilih dan membeli Audio Interface, kita akan dihadapkan dengan macam-macam jenis Audio Interface, mulai dari brand, jumlah input dan output, kualitas preamp dan tentunya JENIS KONEKSI.


Nah di artikel kali ini saya akan membahas JENIS KONEKSI yang umum dipakai untuk menghubungkan Audio Interface ke PC/Laptop. Jenis koneksi yang umum dipakai adalah USB dan Thunderbolt.


Seiring perkembangan jaman, USB telah beberapa kali merubah bentuk dan meningkatkan kualitas koneksi, mulai dari USB-A, USB-B, dan yang terkini adalah USB-C. USB-C adalah spesifikasi konektor baru yang akan menjadi standar industri baru menggantikan USB biasa di masa sekarang dan kedepannya. USB-C ini memiliki spesifikasi sedemikian rupa sehingga memiliki bentuk desain yang kecil dan reversible. Audio Interface dengan koneksi USB ini sangat umum dipasaran mulai dari kelas low end seperti ICON PRO AUDIO, kelas menengah seperti FLUID SRI-2 hingga hi-end seperti APOGEE ONE/DUET/QUARTET.


Sedang Thunderbolt adalah pengembangan dari koneksi Firewire yang sangat populer dimasanya. Thunderbolt adalah salah satu teknologi I/O alias Input Output yang mendukung kecepatan transfer yang super cepat, namun didesain dalam ukuran dan dimensi yang cukup ringkas. Audio Interface dengan koneksi Thunderbolt lebih banyak ditemui di brand hi-end seperti APOGEE ELEMENT, ENSEMBLE, dll.


Meskipun keduanya memiliki bentuk yang sama, tapi kabel USB-C tidak bisa digunakan pada Thunderbolt 3, maupun sebaliknya.


Salah satu fitur yang menjadi perbedaan USB-C dengan Thunderbolt 3 adalah kecepatan transfer data. USB-C juga disebut dengan USB Type-C atau USB 3.1 memiliki kecepatan transfer data hingga 10 Gbps, lebih cepat dari USB 3.0 yang hanya mampu mencapai sekitar 5 Gbps. Bagaimana dengan kecepatan transfer Thunderbolt 3?

Thunderbolt 3 bisa dikatakan merupakan konektor dengan kecepatan transfer data tertinggi saat ini. Dengan teknologi terbaru, Thunderbolt 3 mampu memberikan kecepatan transfer data hingga 40 Gbps. Sangat cepat dan jauh lebih cepat dari USB-C.


Namun meskipun dengan fitur dan spesifikasi yang jauh lebih baik daripada USB-C, Audio Interface dengan koneksi Thunderbolt juga memiliki kekurangan dibanding USB-C yaitu :

Hanya bisa digunakan untuk Operation System (OS) Mac, jadi tidak bisa digunakan di Windows, dan kekurangan kedua adalah harga yang lebih mahal.


Nah itu tadi sedikit penjelasan dari saya tentang koneksi USB dan Thunderbolt untuk Audio Interface. Semoga bisa menjadi referensi untuk kalian yang berencana membeli atau upgrade Audio Interface.


Regards,


Difky Mashady



90 views2 comments

Contact Us

Ruko Greatwall C29, Greenlake City, Jakarta - INDONESIA

Phone / WA : 0896 6951 3783

admin@audiostation.co.id

We Accept

  • White Twitter Icon
  • White Facebook Icon

Part of SAM Group

© copyright Audio Station 2020